Tasawuf Adalah Intipati Islam I

Tasawuf Adalah Intipati Islam I

Tasawuf

Istilah tasawuf belum lahir di zaman Rasulullah SAW. Ketika Rasulullah masih hidup, beliau mengajarkan Islam kepada para sahabat secara satu kesatuan. Meskipun sudah ada pembagian ilmu berdasar Iman, Islam, Ihsan, tetapi Rasulullah mengajarkan ketiganya sekaligus.

1. Benarkah Tasawuf berasal dari Agama Islam?
Tasawuf memang berasal dari Islam. Sebagian orang yang kurang pengetahuan atau memang sengaja ingin menyesatkan, mengatakan bahwa tasawuf berada dari agama hindu ataupun budha. Sesungguhnya tidak. Tasawuf berasal dari satu pilar Islam. Ia adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan aqidah (tauhid) dan fiqih (syariat lahir). Ia adalah ajaran dan amalan Rasulullah SAW beserta para Sahabat ra. Sesungguhnya tanpa tasawuf agama ini akan kehilangan ruhnya dan tidak ada bedanya dengan ideologi buatan manusia. Beku, karena ilmu yang ada hanya bermain di akal, tidak di hayatidalam hati. Penghayatan dalam hati sehingga melahirkan akhlak mulia inilah tugas tasawuf.


Dalam tasawuf, kita dianjurkan untuk memiliki dan menyuburkan sifat-sifat mahmudah (terpuji) seperti ikhlas, adil, sabar, pemurah, zuhud (tidak terikat dengan dunia), berani, rendah hati, wara’ (menjauhi maksiat), dan lain-lain sifat batiniah. Juga untuk membuang sifat-sifat mazmumah (keji) seperti sombong, mementingkan diri sendiri, pemarah, pendendam, kikir, tamak, penakut (pada selain ALLAH), cinta dunia, riya’ (pamer), dan banyak lagi. Dari situ tentu kita dapat memastikan bahwa inilah ajaran Nabi kita SAW. Jika kita membaca riwayat kehidupan Rasulullah SAW memang seperti itulah akhlak beliau dan para sahabat ra. Jika ada kesamaan pada ajaran agama lain tidak berarti bahwa tasawuf berasal dari agama tersebut; karena seshungguhnya fitrah manusia menyukai sifat-sifat mahmudah dan membenci sifat-sifat mazmumah, tentu wajar jika hal ini diajarkan juga oleh agama selain Islam.
Istilah tasawuf sendiri belum ada di zaman Rasulullah SAW. Ketika Rasulullah SAW masih hidup, beliau mengajarkan Islam kepada para Sahabat secara satu kesatuan. Meskipun sudah ada pembagian ilmu berdasar Iman, Islam, dan Ihsan, tetapi Rasulullah mengajarkan ketiganya sekaligus. Hal ini sangat efektif karena Rasul saat itu masih hidup sehingga menjadi contoh langsung terhadap ilmu Al Qur’an. Para sahabat pun adalah orang-orang terpilih yang langsung paham apa yang dimaksud oleh Rasulullah SAW. Seandainya mereka tidak faham mereka dapat bertanya langsung kepada Rasulullah SAW dan mendapat jawaban langsung dari Rasulullah SAW.

Sepeninggal Rasulullah dan para Sahabatnya, setelah Islam berkembang, ilmu-ilmu islam pun mengalami perkembangan yang hebat juga. Jika tadinya yhanya iman, islam dan ihsan, mulailah muncul imlu-ilmu baru seperti ilmu tafsir, nahu sharaf, musthalah hadis, ushul fiqih dan lain-lain. Umat Islam pun terdiri dari berbagai macam bangsa dan berbagai bahasa. Untuk memudahkan dalam mempelajari Islam, para ulama Islam membagi ilmu-ilmu dengan memberinya istilah baru seperti aqidah untuk iman, fiqih untuk Islam, dan tasawuf untuk ihsan. Dalam mempelajari ilmu Islam dibolehkan secara terpisah seperti ini, tetapi dalam pengamalannya wajib serentak antara iman (aqidah), islam (fiqih) dan ihsan (tasawuf). Dari Ihsan atau tasawuf inilah akan melahirkan akhlak yang mulia.

Diambil dari www.rufaqa-indonesia.com

About these ads

25 Responses to Tasawuf Adalah Intipati Islam I

  1. qudsiah says:

    Org yg tidak dibukakan jln selalu saja mendapat fitnah.Apakah berahsia itu lebih baik kpd umum jika msh dlm perjalanan{Si Salik} kerana cakap-cakap itu bisa membunuh jiwanya.Baik dibuka kesulitan pada Si Arif mahupun si salik yg mjdi teman setia berbanding lain bahkan org angkuh agama pun bisa menghentam wajah barangkali belum mengenal Si Khaliq.

  2. duniawali says:

    terima kasih sudah bersedia singgah di tempat kami. Tamu membawa rahmat kepulangannya menghapuskan dosa.amin..

  3. Nosferatus says:

    memang Rasulullah tak pernah ajar Tasawwuf.
    rujuk nas dalam Quran.
    fikir-fikir laa sikit.

  4. Al farisi says:

    to Nosferatus: Anta yang perlu fikir banyak…Anta mesti tahu apa itu tasawuf. Pelajari apa itu tasawuf, baru sebut ttg tasawuf. Rasulullah mengajar akhlak tak?Akhlak tulah tasawuf atau ihsan. Ulama-ulama setelah Rasulullah, memisahkan antara ilmu Tauhid, Syariat, Tasawuf agar mudah untuk mempelajarinya..Tasawuf tu hanya istilah untuk akhlak atau ihsan. Yahudi menyerang Islam dengan menyesatkan tasawuf. Berhati-hatilah wahai kawan akan serangan yahudi yang susah kita kesan…

  5. qudsiah says:

    Asalam.Tasawuf yang universal harus dibuat penyisihan haq dan bathil daripada penolakan fakta tanpa kajian berterusan kerana angkuh dan bersangka bijaksana.
    Sudah jelaslah mereka yang tidak suka pada ahli suffah,kumpulan suffah dan ajaran tasawuf itu sama sekali.

    Pernah hamba jumpa orang yang benci tasawuf serta si arif dengan menyatakan wahdatul wujud itu sesat.Apa mereka selama ini hanya banyak mengkaji ilmiah dari kitab-kitab tapi masih samar lalu berjuma si Alim yang bersangka arif padahal belum capai ilmiah ruhani dituju.Bukankah wahdatul wujud itu menampakan mereka dan pulang dalam wahdatul syuhud menampakan yang batin(Hakekat yang dicipta dengan Pencipta).Tidaklah ahli suffah itu hairan dengan mereka sejak sekian lama yang penting sampai mereka kepada Allah.
    Ada sufi tulen,sufi palsu dan sufi sekerat jalan.Bahkan begitu jualah penitian sehari hari menunggu mati.

  6. pactu says:

    to all. Apakah perlu tasawuf diperdebatkan oleh kita?

  7. qudsiah says:

    Assalam.
    Tidak perlu di bahaskan lagi tentang tasauf itu ilmu benar yang cuma hanya pengumpluan semula semua
    kitab kitab lama dan baru.

  8. org baru says:

    assalamuailkum,
    pengenalan mengenai tasawuf ini harus kerana terdapat segelintir ahli tasawuf yang sesat. apa yang perlu kita fahami ialah asas kepa islam tersebut iaitu 5 rukun islam
    dan yang paling utama ialah mengucap 2 kalimah syahadah dan solat. manakala zakat puasa dan haji itu bagi org yang mencukupi syarat.
    meempelajari tasawuf itu wajib kerana hukum mempelajari ilmu untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah wajib. apa yang paling penting ialah mengerjakan dahulu apa yang di fardukan sebagai asas yang kukuh agar tidak tersesat oleh mainan syaitan.

    buktinya terdapat segelintir yang mengaku ahli tasawuf dan mereka arif tetapi sayang apabila tiba waktu solat mereka tidak berdiri mengerjakan sebagaimana org mukmin kerjakan. dan ada yang mendakwa mereka sembahyang secara batin.

    sedangkan nabi yang telah dijanjikan Allah syurga tetap berdiri mengerjakannya
    wasalam.

  9. adha says:

    Syahadat adalah rukun islam pertama sehingga sebelum menjalankan rukun islam yang lain, seorang muslim harus dapat memahami makna Syahadat yang sebenarnya, yaitu pengenalan dan pemahaman terhadap Allah dan RasulNya.
    Mengenal Allah secara sebenarnya, sebagai Pemilik seluruh yang ada dilangit dan dibumi dan yang berada diantaranya. Sehingga ketika menjalankan Rukun Islam yang lain tidak terjebak dalam penyembahan pada nama tuhan saja tanpa mengenal Allah SWA Yang Maha Esa.
    Syariat adalah ilmu tentang tata cara menyembah Allah.
    Hakikat adalah ilmu tentang mengenal Allah.
    Syariat adalah wadah dan Hakikat adalah isinya.
    Syariat tanpa Hakikat wadah tanpa isi. Sedang Hakikat tanpa Syariat adalah bagai isi tanpa wadah yang menyebabkan berhamburan.
    Sehingga Allah SWA dalam Al Quran memerintahkan untuk mempelajari islam secara keseluruhan. Selain itu Allah menciptakan jin dan manusia hanya untuk beribadah kepada Nya.
    Tasawuf adalah proses pembelajaran Hakikat, dan Tarikat adalah jalan dalam pembelajaran Tasawuf pada seorang Guru.
    Hanya dengan pemahaman Islam secara menyeluruh yang dapat membuat seorang muslim mampu membuat setiap detik hidupnya adalah ibadah, karena mampu menjalankan Rukun Islam Yang pertama yaitu Syahadat secara Mabrur.
    “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasul Allah.”
    Sebuah kesaksian yang mudah dicapkan. Namum sudahkah difahami maknanya.

  10. danny says:

    semoga bermanfaaat

  11. ya… setuju sekali saya dengan pendapatnya, karena tasawuf adala seperti ruh agar jiwa selalu ingat pada sang Illah,
    akan tetapi banyak sekali orang yang takut untuk mengenal istilah yang bernama tasawuf, karena jika sedikit saja salah dalam pengamalan maka akan menjadi sangat berbahaya.terima kasih

  12. khirzainal says:

    Kepada Nosferatus:

    Jika tidak mahu sesat maka berpegang kuatlah pada Al-Quran dan Sunnah. Al-Quran itu tidak diturunkan sia-sia, segala isi Al-Quran adalah untuk kita ambil pelajaran dan dengan erti kata lain, segala isi Al-Quran ditujukan kepada kita. Pelajaran Tasawuf lebih kepada supaya kita dapat mengenal diri, dan tahu apa itu akhlak. Ternyata dalam Al-Quran sendiri ayat Al-‘Alaq di turunkan Allah supaya Nabi Muhammad itu mengkaji ciptaan manusia dan sedangkan manusia yang dekat dengan Nabi ketika di Gua Hira’ adalah Nabi sendiri, maka dengan kata lain Assignment pertama yang Allah tentukan kepada Nabi Muhammad adalah MENGENAL DIRI. Itulah intipati tasawuf.. Sekian…

  13. budy says:

    man arafa nafsahu arafa rabbahu

  14. rohendi says:

    memang betul kebanyakan umat dalam pengamalanya dalam rukun agama itu hanya sampai tataran iaman dan islam saja,sedangkan dalam tataran ihsan ridak dicari dan apalagi untuk diamalkan,mudah mudahan saja dengan banyaknya pengetahuan tentang sufiisme didunia maya ini bagi umat islam yang belum mengenalnya dapat terbuka wawasanya amiiin.

  15. penjabaran yang sangat bagus.

  16. angga says:

    Knp orang wahaby selalu memusui tasawuf..

  17. Ramliani says:

    Allah SWT yang memiliki kehendak pada setiap ilmu dan keyakinan yang ada pada hambanya dan Dia-pula maha mengetahui atas semua ilmu yang dipahami hambanya….iman, islam dan ihsan adalah sebuah nama yang pada intinya adalah satu,.bagaikan tubuh kita yang memiliki banyak organ namun menyatu dalam satu.

  18. I love your blog.. very nice colors & theme.
    Did you design this website yourself or did you hire someone to do
    it for you? Plz reply as I’m looking to create my own blog and would like to
    know where u got this from. kudos

  19. Right away I am going to do my breakfast, later than having my breakfast coming yet again to read further news.

  20. I know this site offers quality depending articles and extra data,
    is there any other web page which gives these stuff in quality?

  21. I’m no longer certain the place you are getting your info, however great topic.
    I must spend a while learning more or figuring out more.
    Thank you for magnificent information I used to be in search of this information for
    my mission.

  22. I do accept as true with all the ideas you have introduced in your
    post. They’re really convincing and will definitely work.
    Nonetheless, the posts are too quick for newbies. Could you please lengthen them a bit from subsequent time?
    Thank you for the post.

  23. blogs sites says:

    Hello, I think your blog might be having browser compatibility issues.
    When I look at your blog site in Ie, it looks fine but when opening in Internet Explorer,
    it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up!
    Other then that, terrific blog!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: